LCD

Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari LCD.

Sebelumnya kita sudah mempelajari berbagai komponen elektronika yang dapat digunakan bersamaan dengan board Arduino, seperti LED, sensor, dan aktuator.

Apa itu LCD? Mengapa kita perlu mempelajarinya? Bagaimana cara penggunaannya? Kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di sini.

Pendahuluan #

Beberapa waktu lalu kita mempelajari sensor. Ada sensor temperatur, ultrasonik, photoresistor, sensor gas, IR sensor, dan PIR sensor. Dari setiap percobaan yang dilakukan, biasanya kita menampilkan nilai keluaran sensor melalui Serial Monitor. Namun, pada kondisi praktis kita tidak akan menggunakan Serial Monitor. Kita perlu perangkat yang dapat menampilkan keluaran dari komponen input yang kita punya.

LCD #

Apa itu LCD? LCD atau Liquid Crystal Display, merupakan perangkat (display) yang menggunakan kristal cair (liquid crystal) untuk menghasilkan gambar/tulisan yang dapat dilihat. LCD umum digunakan pada produk-produk seperti layar laptop, ponsel, kalkulator, jam digital, multimeter, televisi, konsol game, termometer digital, dan produk elektronik lainnya.

Ini adalah salah satu jenis LCD yang umum tersedia di pasaran yang dapat kita gunakan. Ada LCD 16x2 dan LCD 16x4. Ada yang berwarna hijau, ada yang berwarna biru.

Struktur Dasar #

LCD pada dasarnya terdiri atas dua bagian utama, yaitu:

  1. lampu latar belakang (backlight) dan
  2. kristal cair (liquid crystal).

LCD tidak memancarkan pencahayaan apapun, LCD hanya merefleksikan dan mentransmisikan cahaya yang melewatinya. Oleh karena itu, LCD memerlukan backlight untuk sumber cahayanya. Cahaya backlight umumnya berwarna putih. Sedangkan kristal cair sendiri merupakan cairan organik yang berada di antara dua lembar kaca yang memiliki permukaan transparan yang konduktif.

Pinout #

LCD yang akan kita pakai pada simulasi adalah LCD 16x2 yang memiliki 16 pin.

  1. VSS
  2. VDD
  3. V0
  4. RS
  5. R/W
  6. E
  7. DB0~DB3
  8. DB4~DB7
  9. LED+
  10. LED-

Catatan #

Penjelasan materi ini juga tersedia dalam bentuk video dan slide presentasi.


Since you've made it this far, sharing this article on your favorite social media network would be highly appreciated 💖! For feedback, please ping me on Twitter.

Published